Monday, July 19, 2010

Martapura

Martapura adalah salah satu tempat yang saya kunjungi ketika hampir seminggu berada di banjarmasin akhir bulan juni yang lalu. Tepatnya di daerah
pusat perdagangan batu permata dan cinderamata Martapura

martapura




IMG_8014


Bersama saudara saya sampai disana setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari daerah nagasari atau jokmentaya. Pusat perdagangan tersebut menjual berbagai macam cinderamata khas Kalimantan seperti gelang yang terbuat dari berbagai jenis bebatuan yang harganya bervariasi, dompet dan tas dari manic-manik warna-warni, gantungan kunci, kaos bertuliskan simbol-simbol daerah Kalimantan, kalung, dan pernak-pernik lainnya. Disetiap toko rata-rata menjual barang yang sama, tinggal bagaimana pembeli melakukan tawar menawar dengan penjual, barang sudah ditangan. 

Berikut beberapa foto yang berhasil saya ambil,


pernak pernik



IMG_8035


aksesoris dari kalimantan



IMG_8036


oleh-oleh lainnya



IMG_8037


Turis nyasar



IMG_8028
sepupu saya


milih-milih



tas martapura
milih-milih


pilah pilih lagi



IMG_8034sodara, sedang pilah pilih :)


lalu ngapain aja saya?



IMG_8044when they're busy with the souvenir, I'm busy with my Pop Ice :)

Menyenangkan, keliling-keliling martapura (walaupun Cuma liat-liat doang) :)
Daerah martapura ini juga disebut sebagai serambi mekkah, katanya karena daerahnya yang masyarakatnya amat religius. Banyak tulisan dan bangunan religius arab dan juga disana terdapat masjid indah tepat disebelah pusat perdagangan.
Berikut gambar bangunan didepan pusat perdagangan, sayang saya gak mengambil gambar mesjid yang megah indah itu. 

bangunan religius



IMG_8060


bangunan religius



IMG_8065


with my cousin



IMG_8086tebak plastik disebelah kanan bawah berisi apa?IKAN !!

Perjalanan berakhir setelah membeli ikan sepat, satu-satunya oleh-oleh yang Ibu saya pesan. (heran pesanan ibu-ibu, ikan ! )
Oleh-oleh cemilan yang saya suka adalah amplang, makanan olahan dari ikan tenggiri yang renyah, susah berhenti kalo udah makan amplang : )
Untuk yang sedang merencanakan liburan ke Kalimantan, jangan lupa ke martapura, apalagi yang hobi belanja, tempat cari oleh-oleh khas kalimantan yang pas ya salah satunya di martapura ini : )

No comments: