Sunday, October 17, 2010

ILC 2010


ILC 2010
Kemarin, sabtu 16 oktober dengan semangat luar biasa saya mengikuti rangkaian kegiatan ILC 2010 (Indonesia Linux Conference). Dari beberapa acara, saya berencana mengikuti SheDrawsIt, acara pembuatan desain untuk desktop menggunakan peralatan FOSS (free/open source software) yang khusus bagi perempuan.

Pagi-pagi sekali, masih shubuh, via milis saya dan teman dari KLUWEK (Kelompok Linux Cewek) udah janjian ketemuan di SheDrawIt . Namun rencana berangkat jam 7 pagi pun kandas. Saya ketiduran dan baru bangun sekitar jam 8 (katanya semangat luar biasaa :p). Sekitar jam 10 saya baru ke Bogor (lokasi ILC 2010). Berbekal rute transportasi dari website ILC saya berangkat menggunakan KRL menuju Bogor sendiri. Sesampainya di Stasiun Bogor saya naik angkot 07 warung jambu dan berhenti di SMPN12, lokasi acaranya di nggak jauh dari situ, SMAN6. Jam 11.30 saya baru sampai dilokasi acara, ketemu dengan koordinator acara SheDrawIt dan langsung daftar meski acaranya sudah dimulai. Lelah dijalan terbayar dengan ketemu teman-teman peserta acara SheDrawsIt, terutama ketemu teman-teman yang udah janjian via milis. Bersyukur bisa ketemu langsung, toh selama ini cuma lewat dunia maya doang ^_^.

Ternyata tema pembuatan desainnya adalah “bogor”, tanpa persiapan saya langsung memulai. Bingung membuat apa, saya langsung buka software Gimp, bingung juga karena belum terbiasa menggunakannya, acaranya cukup santai, saya yang masih newbie bahkan sering tanya sana tanya sini ke temen-temen peserta yang lain. Dan coba tebak, banyak anak SMA SMK yang ikutan ILC ini, bahkan skill desainnya jago-jago. Hebat juga perkembangan IGOS (indonesia go open source), ketika saya berbincang dengan mereka ternyata mereka mengenal Linux dari SMK-nya. Luar biasa, masih SMA udah pada kenal FOSS. Sorenya sebelum penutup ada presentasi dari beberapa pembicara pada waktu yang sama, jadi kita bisa memilih ingin mengikuti yang mana, apakah mengenai web design, multimedia, dan lainnya. Bingung juga karena semuanya menarik, tapi akhirnya saya memilih mengikuti Linux dan carier kalo nggak salah judulnya. Jadi pembicara pada saat itu sharing mengenai bagaimana beliau mengenal linux dan pada akhirnya berkarir menggunakan Linux dan foss lainnya.

Minggu depan rangkaian kegiatan ILC lainnya adalah LCM (linux community meeting), dari Kluwek diundang sebagai pesertanya. Seru sepertinya, tapi belum rezeki saya untuk ikutan LCM bareng temen-temen lainnya :). ada kegiatan lain yang harus saya ikuti. Harapan saya semoga kedepannya event-event seperti ini gak jauh-jauh dari depok dan sering diadakan, hehe

jadi semakin termotivasi untuk belajar lebih banyak :)



5 comments:

Fitra Aditya said...

Undangan DP + LCM sudah dapat kan via Email..?
Ditunggu ya di Bogor...

Lilies Her. said...

udah kok, makasi ya :)
tapi ga bisa ikutan karna ada kerjaan minggu ini :(

ihsan said...

ntar ajarin ya shifu

Lilies Her. said...

masih amat sangat jauh dari 'shifu'
mungkin mas fitra aditya ni yang dipanggil shifu, :)

ihsan said...

laen kali ajak2 ya kak..
moga2 gak ada UTS/kuis :'(