Sunday, December 26, 2010

Live USB


Blankon 6.0 (Ombilin)


Finally, Sore hari yang lalu saya BERHASIL membuat Live USB. Setelah sebelumnya gagal sehingga mengakibatkan saya harus menginstall ulang laptop saya. Berbekal tutorial dari Mbak Niken, saya pun mulai mencobanya kembali, dan akhirnya saya bisa booting menggunakan flashdisk HP v220w berukuran 4 GB dengan operating system Blankon 6.0 (ombilin).

Kesalahan saya sebelumnya ternyata karena salah memilih drive pada saat menjalankan Unetbootin (tools yang saya gunakan). Live USB mungkin sudah basi dibicarakan bagi sebagian orang yang memang bergelut dibidang IT. Tapi bagi saya Live USB adalah terbilang barang baru. Live USB adalah salah satu teknik untuk menginstall operating system melalui media USB seperti flashdisk. Kebetulan operating system yang mau saya tanamkan di flashdisk adalah Blankon, salah satu linux turunan ubuntu.dan operating system yang saya gunakan adalah ubuntu 10.04 dengan tools Unetbootin. Bagaimana caranya?sepertinya capek mau repost lagi atau buat langkah versi saya, kalo ada yang mau mencoba silahkan ikuti langkah tutorialnya Mbak Niken saja ya disini :)

setelah Ombilin berhasil saya tanamkan di flashdisk, saya dapat menginstall atau menjalankan Ombilin tanpa menginstallnya dengan mudah di Laptop :). Saya rasa live usb cocok untuk memudahkan pengguna netbook. Karena tidak perlu eksternal CD room lagi untuk menginstall operating system-nya, cukup dengan USB saja. 


kegagalan adalah satu-satunya kesempatan untuk memulai lagi dengan lebih cerdik (Henry Ford)


No comments: