Friday, September 10, 2010

cekcek email

         Dua hari yang lalu, di pagi hari ,  rutinitas yang dalam beberapa hari jarang dilakukan akhirnya terlaksana dengan baik. Cek&ricek email. Dari beberapa email yang masuk di inbox, ada dua email yang berasal dari dua teman yang berbeda. Cukup heran mengingat selama ini keduanya amat sangat jarang meng-email saya. Setelah saya cek email dari teman pertama, ternyata berisi sebuah link yang dikirimkan secara masal kepada saya dan beberapa alamat email lain yang berada dalam contact list-nya. Setelah saya ikuti link tersebut, ternyata membawa saya ke sebuah situs yang menjual obat-obatan semacam obat terapi disfungsi ereksi (impotensi). Sepertinya saya nyasar, pikir saya dalam hati. Kemudian mencoba meng-copy alamat tersebut di Bar baru, dan ternyata hasilnya sama. Link tersebut membawa saya ke situs yang sama !!
Sepertinya ini semacam scam, cuma pinternya menggunakan email dari teman saya tersebut. Sehingga akhirnya membuat saya percaya untuk membuka link yang diberikan. Apalagi link yang diberikan dibuat menyerupai link nama teman tersebut dengan diikuti nama salah satu blog engine gratis yang dipelesetin. Email dari teman kedua pun demikian. Isinya sama, Scam !!
salah satu isi email
Anehnya saya gak kepikiran gimana email tersebut bisa dikirimkan lewat email teman saya (maklum gaptek). Beruntungnya sembari cek&ricek email, secara kebetulan saya menemukan artikel ini yang di share oleh komunitas ubuntu via facebook, mengenai serangan virus yang memanfaatkan account email. Email yang isinya bukan dari pengirim aslinya. Ternyata, hal yang saya alami juga telah dialami penulis di blog tersebut. Berikut kutipan yang saya ambil dari blog tersebut :
Sebelumnya saya juga pernah dapat email dari Muhammad Iqbal. Setelah saya konfirmasi Iqbal sebelumnya mengakses internet dan login email melalui sistem operasi Windows di Warnet. Bisa jadi Warnet yang diakses Iqbal terinjeksi Virus. Email yang dikirim biasanya berisi tautan tentang jualan obat plus-plus. Saran saya gunakan sistem operasi Linux atau update antivirus pada sistem operasi Windows
waaah, ternyata virus ! Untung saya pakai linux, salah satu saran penulis blog diatas untuk menghindari kejadian serupa  :)
jadi untuk teman-teman lainnya yang mungkin mendapat email sejenis seperti diatas, Hati-hati !update antivirus selalu ! Atau kalau gak mau ribet ngupdate dan beli-beliin antivirus, yaa pake linux aja yang cukup safety dan gratiss :)
*sepengalaman saya, virus-virus yang kalau di OS 'jendela' gak keliatan, di linux (ubuntu) bisa keliatan dan bisa langsung dihapus gaan ! Virus pada umumnya gak bisa jalan kalau di ubuntu (distro linux yang saya gunakan).

2 comments:

deka said...

wkwkkwk...
iklan...

deka said...

hehehe...iklan nih???
free your heart???
aku jadi teringat akan masa lalu!