Friday, December 26, 2008

The City of Ember

24 desember malem,malem terakir gw didepok sebelum akhirnya gw pulang ke rumah liburan semester, gw nonton the city of ember. Ceritanya tentang kota bernama ember (*sepertinya tetangga kota baskom) MySpaceyang berada jauh di bawah tanah. Penduduk kota tak menyadarinya, yang mereka tahu adalah tidak ada jalan keluar dari kegelelapan yang ada menuju birunya langit. Selama berabad-abad kota ember hanya diterangi bola-bola lampu yang semakin lama mulai semakin meredup. Hal ini mengancam kota ember menjadi gelap gulita. Terkadang lampu di kota itu mati seketika selama beberapa detik, semakin lama dirasakan durasi matinya lampu semakin lama dan hal itu merisaukan seluruh penduduk, tak terkecuali Doon Harrow dan Lina mayfleet. Dua anak ini mencoba mencari tahu penyebab meredupnya bola-bola lampu di kota ember. Pencarian mereka akhirnya membuka tabir misteri masa lalu kota ember yang selalu diliputi kegelapan.

Ratusan tahun sebelumnya, terjadi bencana di permukaan bumi sehingga para ilmuwan memutuskan untuk mengevakuasi manusia ke kota di bawah tanah yang sudah dirancang untuk menyelamatkan dunia hingga ratusan tahun, dengan asumsi sampai keadaan di bumi sudah aman untuk ditinggali. Sebelumnya, penduduk yang mencoba mencari jalan keluar dari kota ember berakhir dengan kematian, tidak ada lagi yang percaya bahwa ada jalan keluar dari kota ember, lain halnya dengan Lina dan Doon. Dengan keyakinan itulah, menghantar mereka ke jalan keluar dari kota ember, menuju permukaan bumi. Tapi jalan yang mereka lalui tidak dengan mudah dapat dilewati, peta yang tak lengkap dan halangan dari walikota yang jahat menjadi tantangan mereka dalam misi ini. but finally, dengan keyakinan dan semangat yang mereka miliki, jalan keluar itu ditemukan. Awalnya mereka mengira gagal, karena permukaan yang berhasil mereka capai ternyata segelap kota ember saat lampu padam, keesokannya baru mereka ketahui bahwa terang akan datang dan langit biru terlihat dikala malam berganti siang.

Kegembiraain itu tak ingin dinikmati sendiri saja, mereka mengirim pesan ke kota ember dengan cara melemparkan batu dan pesan ke bawah tanah, berharap jatuh ke tangan orang yang percaya akan adanya jalan keluar dari kota ember, menuju permukaan bumi dimana langit biru terbentang luas.

Ada pesan yang bisa gw ambil dari film ini, salah satunya soal semangat dan rasa ingin tahu yang kuat, rasa ingin berubah mencari pencerahan. Film ini termasuk sebentar banget durasinya menurut gw Cuma sejam setengahan, tapi walo pun Cuma bentar, harus ada yang bisa gw ambil dari film yang gw tonton.

Jadi gw nonton bukan sembarang nonton cari hiburan, harus ada pesan yang bisa gw ambil. Buat yang lain juga, temen-temen yang tiba-tiba nyasar di blog gw dan gak sengaja baca tulisan gw ini, pesen dari gw, kalo nonton film jangan ngasal, maksut gw paling gak setelah nonton, ada sesuatu yang bisa diambil. Dan yang pasti hal-hal positif dong.

Hwaaah, sore-sore ni gw bikin postingan ini. blakang teras rumah, menghadap ke langit bebas. Dan sempat berkhayal, gimana kalo film the city of ember ini terjadi di kehidupan nyata.
JANGAN SAMPAI !!MySpace



No comments: