Monday, August 30, 2010

tanpa judul tentang indonesia







Malam ini saya kembali terjebak! Semangkuk rasa ingin tahu dan segelas keisengan membuat tubuh saya tidak bisa beristirahat sebagaimana mestinya. Saya kambali begadang ! bad habit !
lantas apakah yang membuat hidup saya malam ini menjadi demikian?
Semua ini berawal dari kebiasaan sebelum tidur untuk men-cek inbox email saya. Sebuah email yang masuk ke inbox membuat saya secara tidak sengaja menemukan sebuah blog  yang meralat sebuah notes  dari sebuah account facebook mengenai Kekayaan Indonesia. Notes yang sepertinya sedang marak di facebook, banyak orang yang men-share-nya. Termasuk saya salah satunya. Beberapa hari yang lalu saya juga men-share link notes ini di facebook setelah membacanya. Pada blog yang saya temukan, terdapat satu tulisan yang membahas mengenai notes ini, penulis blog penasaran karena notes yang berjudul Negara Terkaya di Dunia yang Luput dari Perhatian Dunia ini menyebutkan kekayaan-kekayaan Indonesia yang berada pada rangking-rangking teratas dunia, penulis akhirnya mencari informasi lebih lanjut dan menemukan fakta lain pada sumber-sumber seperti Wikipedia, penulis hanya ingin membuktikan apakah kebenaran informasi tersebut. Saya yang juga ikut penasaran akhirnya berguru pada mbah google. Alih-alih saya malah menemukan berbagai macam artikel serupa yang sama seperti artikel pada notes yang say abaca. Cukup heran, ternyata banyak juga yang sepertinya me-repost artikel serupa seperti di notes. Dan sepertinya artikel di notes tersebut bukan pertama kalinya di publikasikan, tanggal publikasi notes tersebut adalah 24 agustus 2010, tanpa menyebutkan sumber asli publikasi sebelumnya. Sedangkan di beberapa situs lain yang saya temukan dengan artikel serupa yang sama mempublikasikannya sebelum tanggal tersebut. Artikel serupa yang saya temukan di website lain beberapa menuliskan sumber dari mana tulisan itu berasal, dan pada akhirnya saya sampai pada website suaranegara yang menurut saya tidak ganjil bila dikatakan tempat dimana artikel itu berasal. Memang dengan judul yang berbeda, tapi kontennya sama, dipublikasikan pada tanggal 15 agustus 2010. Penulis di suaranegara menyebutkan sumber asal tulisan itu adalah dari sebuah thread berjudul Negara Paling Kaya Sedunia ! USA KALAH..Uni Eropa Menyerah ! pada forum kaskus. Threadyang dimulai oleh orang ber-nickname serikatjomblo pada tanggal 28 april 2010. Penulis suaranegara mengaku menulis ulang isi thread tersebut dengan menambahkan dan menyajikannya secara berbeda. Bisa jadi, serikatjomblo yang dimaksud adalah pemuda yang memiliki notes diatas.

Saya yakin, baik penulis, pembaca, dan mereka yang me-repost tulisan mengenai kekayaan Indonesia ini berharapan sama, sama-sama meinginkan Indonesia menjadi lebih baik. Ingin menyadarkan bangsa Indonesia lewat tulisan yang luar biasa. Benar atau tidaknya Indonesia adalah Negara terkaya didunia, kita tetap cinta Indonesia. Coba saja ada sebagian daerah Indonesia yang direbut oleh bangsa lain, saya yakin, secuek-cueknya kita dengan Negara sendiri, minimal pasti kita menyayangkan bahkan memaki hal tersebut dalam hati. Bahkan tidak sedikit yang memberontak, tentunya dengan jalannya masing-masing. 

Kalaupun memang benar Indonesia adalah negara terkaya didunia, sepertinya pengelolaannya belum dimaksimalkan. Siapa yang disorot kalau sudah seperti itu? Pemimpin ! Yang disalahkan?pemimpin juga ! Tapi sadarkah, sampai kapan kita menuding-nuding para pemimpin atas kondisi yang tidak kita inginkan terjadi di Indonesia. Bukankah Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu merubah nasibnya sendiri?! Bukan hanya pemimpin yang merubah suatu bangsa, tapi setiap individu di suatu bangsa itu sendiri yang harus merubah diri masing-masing menjadi lebih baik demi perubahan bangsanya.Jadi, sembari mengingatkan para pemimpin, mari kita berkaca juga ^_^

Batam, 29 Agustus 2010




No comments: